Value Creation dalam meningkatkan bisnis

Value-Creation

Pernahkah Anda mengalami pengalaman dimana Anda berhasil kabur dari tukang parkir jalanan dan pada saat Anda berhasil kabur dari tukang parkir tersebut Anda merasa senang? Apabila jawabannya adalah ya, maka Anda sama seperti saya. Sayapun pernah mengalami hal yang sama. Kalau dilihat uang Rp.2.000 itu tidak akan membuat kita jatuh miskin namun kita tidak rela memberikannya. Kenapa demikian? Jawabannya adalah karena sedikit sekali atau bahkan tidak ada Value Creationatau manfaat yang kita rasakan dari jasa yang diberikan.

Ceritanya akan menjadi beda apabila ada manfaat (value) yang diberikan oleh tukang parkir tersebut, misalnya membantu mengeluarkan kendaraan kita dari kerumunan kendaraan lain, mendorong mobil yang menghalangi mobil kita, memayungi kita waktu berjalan ke mobil di saat hujan, dsb. Kita tidak akan merasa terbebani memberikan uang parkir tersebut. Bahkan apabila value yang diberikan lebih besar dari yang kita diharapkan, kita tidak akan segan memberikan uang lebih sebagai tips atas usahanya tersebut. Jadi intinya bukan terletak pada uang Rp.2.000 namun lebih kepada manfaat yang dihasilkan (value creation).

Dalam aspek lain, misalnya dalam bidang penjualan. Apabila seorang salesmanberhasil menjual produknya dan produknya tersebut sesuai dengan apa yang dijanjikannya dan berhasil mengatasi masalah yang dihadapi oleh pembeli maka salesman tersebut telah menciptakan value creation baik bagi pembeli, perusahaan, maupun dirinya sendiri. Lain kali apabila pembeli yang senang tersebut ingin membeli produk yang sama maka dia akan mencari salesman itu lagi atau merekomendasikan kepada teman-temannya. Sebaliknya, apabila pembeli tersebut tidak merasakan manfaat seperti yang dijanjikan (over promise under delivery) maka jangan harap lain kali dia akan menghubungi penjual itu lagi.

Dalam dunia kerja juga sama. Berapa besar value yang kita berikan kepada perusahaan akan menentukan berapa besar value yang diberikan oleh perusahaan kepada kita dalam bentuk gaji, bonus, insentif, dsb. Tipsnya adalah tingkatkan value diri kita maka dengan sendirinya value yang akan kita terima juga akan meningkat mengikuti value diri ktia tersebut. Ini adalah pendekatan atau approach yang berbeda daripada yang biasanya. Orang biasanya gampang menuntut namun lupa meningkatkan value dirinya. Daripada sibuk menuntut perusahaan untuk menaikkan gaji kita, lebih baik kita tingkatkan value diri kita dengan cara belajar, menambah pengetahuan & keterampilan, menambahnetwork, dan lain sebagainya. Dengan demikian maka market price kita akan meningkat. Mungkin ada pertanyaan dalam diri Anda saat membaca paragraf ini. Bagaimana kalau value saya sudah meningkat namun perusahaan tempat saya bekerja belum menaikkan gaji saya. Jangan kuatir, dunia ini bekerja berdasarkan hukum keseimbangan. Masih banyak perusahaan lain yang mau membayar sesuai dengan value yang Anda miliki tersebut. Atau, saatnya berpikir untuk pindah kuadran menjadi entrepreneur. Hmmm…. does it ring a bell? Dapat ide baru?

Dalam rumah tangga, apabila kita menciptakan value dalam rumah tangga kita sendiri maka kita akan dicintai oleh keluarga kita. Hidup akan lebih bahagia dan menyenangkan karena selalu membawa manfaat dalam keluarga. Bentuknyavalue creation itu dapat berupa hal yang sederhana seperti membantu mengerjakan pekerjaan rumah, sampai pada hal yang penting misalnya menghidupi keluarga sebagai seorang bread winner atau pencari nafkah.

Orang yang menciptakan value yang bermanfaat bagi orang-orang disekitanya akan selalu dicari. Ibarat permata dalam timbunan bebatuan. Orang-orang dengan value creation berbeda dari orang-orang lain disekitarnya. Mereka tidak menyalahkan (blame),tidak pasrah dengan keadaan, tidak mencari alasan (excuse), atau mencari pembenaran-pembenaran lainnya untuk menutupi suatu keadaan. Alih-alih, orang dengan attitude value creation adalah orang yang mengambil kendali, pengubah keadaan, menghasilkan manfaat melalui apa yang mereka pikirkan, ucapkan, dan lakukan. Intinya, mereka adalah orang-orang yang menciptakan value atau manfaat bagi orang lain secara  berkesinambungan. Pertanyaannya adalah apakah kita sudah memiliki attitude value creation? Pastikan jawabannya sudah. Semoga bermanfaat.

sumber :

http://www.coachtatang.com/value-creation/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s