Tipe Customer “Segmen Bawah”

mark

Perusahaan yang menggelar Social Business Enterprise (SBE) biasanya melayani segmen pelanggan yang paling bawah. Dalam piramida sosial, SBE melayanibottom-line yang biasanya memiliki porsi paling besar.

Perusahaan perlu memahami segmen secara lebih detail dari pelanggan yang ingin dilayaninya. Dalam konsep Marketing 3.0, pemasaran berbasis nilai-nilai dan spirit kemanusiaan, pelanggan yang berpenghasilan rendah ini bisa digolongkan menjadi empat segmen.

Pertama, believers. Ini merupakan konsumen yang konservatif dengan kepercayaan yang kuat pada nilai-nilai moral dan tradisional. Tipe ini berorientasi pada keluarga dan komunitas mereka. Terkait konsumsi, mereka cenderung memilih merek yang sudah familiar. Mereka biasanya juga memiliki tingkat loyalitas tinggi.

Kedua, strivers. Ada yang menarik dari segmen ini. Mereka biasanya cenderung mengejar keberhasilan dan kesuksesan untuk mengesankan teman-temannya. Mereka memilih produk yang biasa mereka pamerkan kepada orang lain. Mereka ingin mendongkrak citra mereka sebagai orang yang mampu. Sayangya, kurangnya sumber daya biasanya membuat mereka kurang lancar untuk hidup lebih maju.

Ketiga, makers. Tipe ini lebih senang mengekspresikan diri mereka melalui beragam aktivitas. Mereka membangun rumah dan lahan pertanian dengan keahlian yang mereka miliki. Mereka lebih menyukai produk yang fungsional dan tak terlalu peduli pada nilai-nilai emosional suatu produk.

Keempat, survivors. Dari ketiga segmen lainnya, daya beli tipe ini tergolong yang paling rendah. Fokus mereka lebih pada pemenuhan kebutuhan dasar – bukan untuk pemenuhan keinginan mereka. Mereka merupakan konsumen yang sangat hati-hati dan selalu mencari harga yang murah.

Dengan memahami tipe pelanggan dari segmen paling bawah ini, perusahaan – khususnya yang menggelar SBE – bisa menentukan strategi yang tepat untuk melayani mereka.

Referensi: Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Iwan Setiawan, Marketing 3.0, Mulai dari Produk ke Pelanggan ke Human Spirit. Erlangga: 2010.

Sumber : http://marketeers.com/article/bidik-segmen-bawah-perhatikan-tipe-mereka-ini.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s