“Metode” Evaluasi Organisasi :Dunbar number, 2 pizza rule, done is better than perfect.

gedhe

Tahun 2016 tinggal menghitung hari untuk kita benar benar memasukinya, dengan segala tantangan yang ada, tentunya Tahun 2015 harus menjadi bahan instrospeksi bagi kita baik sebagai Individu maupun sebagai Organisasi. Dalam tulisan kali ini akan dipaparkan mengapa organisasi besar sering mengalami kegagalan atau terlalu lambat dalam eksekusi ? kenapa perusahaan kecil perlu menyiapkan organisasi sedini mungkin. Akhir kata semoga tulisan ini dapat bermanfaat dalam menyambut dan mempersiapkan Tahun 2016 yang lebih baik bagi kita semua.

Selamat membaca

The Dunbar Number

Robin Dunbar, seorang antropologis dari Inggris, di tahun 90-an mengajukan sebuah teori berdasarkan riset bahwa otak manusia kira-kira hanya bisa menampung hubungan sosial yang baik dengan 150 orang. Teori ini banyak disetujui secara empiris oleh praktisi organisasi yang melihat banyak organisasi yang berukuran lebih dari 150 orang akan mulai mengalami masalah-masalah dalam koordinasi dan eksekusi.

Jika anda berada di perusahaan besar, dan melihat untuk melakukan pekerjaan yang harusnya rutin perlu berbagai meeting dan koordinasi, mungkin desain organisasi harus mulai mengingat rule of thumb Pak Dunbar ini. Perusahaan Gore-Tex salah satu perushaan yang ekstrim karena di tiap gedung mereka hanya menyediakan 150 slot parkir 🙂

Selain desain organisasi yang baik, tentunya dengan menyiapkan sistem organisasi sebagus mungkin, termasuk SOP yang mudah dilakukan dan bukan hanya formalitas belaka.

Jika anda masih di perusahaan kecil (kurang dari 150 orang), kebutuhan untuk membangun sistem mungkin belum terasa urgent.  Dalam organisasi kecil, eksekusi bisa dilakukan lebih cepat dan transfer ilmu antar karyawan masih bisa dilakukan dengan getok tular, tanpa dokumentasi yang baik (tulisan, gambar video). Jika ingin bertumbuh besar, siapkan sistem anda dari sekarang; jika tidak, akan terjadi chaos saat organisasi anda makin besar.

2 Pizza Rule

Jika Dunbar berbicara tentang kemampuan kognitif manusia mengelola hubungan sosial yang menjadi dasar desain organisasi, maka Jeff Bezos dari Amazon mempunyai rule of thumb untuk  memastikan sebuah tim/meeting bisa bekerja efektif dan cepat.

A meeting should never have so many attendees that they could not all be fed with two pizzas

Artinya sebuah meeting/tim bisa bekerja baik dengan maksimum 8 orang. Semakin besar ukuran tim/meeting semakin susah anda berkomunikasi dan makin lemot daya eksekusi anda. Ingin lebih efektif? Menurut Bob Sutton dari Stanford, tim berdaya eksekusi tinggi harus meniru Navy Seal yaitu mempunyai hanya 4 anggota.

Done is better than perfect

Saya sangat mengagumi kecepatan perusahaan-perusahaan berbasis IT. Menurut saya secara filosofis mereka sangat mengadopsi prinsip Lean. Misalnya apa yang dikatakan oleh Mark Zuckerberg tentang the hacker way:

The Hacker Way is an approach to building that involves continuous improvement and iteration. Hackers believe that something can always be better, and that nothing is ever complete. They just have to go fix it — often in the face of people who say it’s impossible or are content with the status quo

Sebuah semangat yang bertolak dari keinginan untuk melawan status quo dengan perbaikan terus-menerus! Dan lebih jauh

“We have the words ‘Done is better than perfect‘ painted on our walls to remind ourselves to always keep shipping.”

Mantra Lean thinking adalah “it is better 60% done someday, rather than 90% someday”.

Semoga menjadi pengingat untuk kinerja yang lebih baik di 2016!

Sumber :

https://www.linkedin.com/pulse/dunbar-number-2-pizza-rule-done-better-than-perfect-gede-manggala

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: