Motivational Video : Meniru Fase Hidup dari CEO Alibaba

Video 1

Video 2

 

Berapa umur Anda ?

Dalam acara yang ditayangkan oleh stasiun televisi KBS Korea Selatan, Jack Ma bercerita kepada anak-anak muda Korea Selatan tentang bagaimana caranya bisa sukses dalam hidup, serta penyesalan-penyesalan yang ia hadapi. Menurutnya, ada garis waktu yang harus kita hadapi dalam kehidupan; dimulai dari kita menginjak usia 20, dan terus berjalan hingga berakhir di usia 60.

Sebelum Anda menginjak usia 20, jadilah murid yang baik.

Pada usia 20an kita dianjurkan untuk mendapatkan banyak pengalaman, belajar sebaik mungkin dari orang-orang disekitar kita, mencoba menyerap semua informasi yang disampaikan oleh orang-orang yang berada disekitar kita. Ini saran Jack ma untuk para anak muda: “Usia 25 tahun, buatlah kesalahan. Jangan khawatir! Anda jatuh, Anda bangkit, Anda jatuh lagi….nikmatilah! Anda baru 25 tahun, nikmati pertunjukannya!”

Sebelum Anda menginjak usia 30, ikutlah seseorang.

Masuklah ke sebuah perusahaan kecil. Umumnya, di perusahaan besar, bagus untuk Anda mempelajari proses; Anda adalah bagian dari mesin besar. Tapi, di perusahaan kecil, Anda dapat belajar tentang passion dan semangat, Anda belajar tentang mimpi. Anda akan mempelajari banyak hal dalam satu waktu. Jadi, sebelum usia 30, bukan perusahaan mana yang Anda tuju, tapi bos mana yang Anda ikuti. Bos yang baik mengajari Anda dengan cara yang berbeda.

Namun menurut saya pribadi, sangat penting untuk belajar di perusahaan yang besar, bukan untuk sekedar mendapat gaji yang besar namun juga untuk mempelajari bagaimana sebuah perusahaan yang besar dijalankan. disini poin utamanya, disisi lain perusahaan yang besar akan menyeleksi dengan ketat orang-orang yang akan bekerja padanya, sehingga pasti di dalamnya ada standar minimal bagi orang-orang yang bergabung di sebuah perusahaan besar. Namun kunci utama pada umur 30an adalah kita harus menemukan/mengikuti seorang mentor yang hebat yang dengannya kita akan diajarkan banyak hal.

Antara usia 30 sampai 40 tahun, Anda perlu benar-benar memikirkan apakah Anda ingin bekerja sendiri, jika Anda ingin sekali menjadi entrepreneur.

Antara usia 30-40 Tahunan mulailah bekerja untuk diri anda sendiri, mulai mengaplikasikan ilmu ilmu dan pengalaman yang sudah anda peroleh selama mengikuti mentor anda, dan juga mulai menerapkan praktik praktik pengelolaan perusahaan yang baik yang telah anda pelajari di sebuah perusahaan yang besar. 30-40 Tahunadalah kehidupan kedua, dimana ini adalah tonggak baru kehidupan anda, anda ingin menghabiskan waktu seperti apa akan tercermin pada usia 30-40 Tahun ini. bagi saya pribadi usia 30-40 Tahun ini adalah waktu terbaik kita untuk melejitkan semua yang telah kita bangun, semua sumberdaya yang kita miliki baik berupa uang, networking, dan lain sebagainya.

namun ada catatan disini ketika Jack Ma menyampaikan penyesalan diusia senjanya yakni dia terlalu mengahbiskan banyak waktunya untuk mengurus bisnisnya sehingga hanya sedikit waktu yang ia alokasikan untuk keluarganya.

Pikirkan kembali berapa jam yang anda habiskan di tempat kerja ? 8 jam ? yakin ? berapa sering anda lembur ? berapa sering anda mereject/menolak panggilan dari anak/keluarga anda ketika anda sedang meeting atau agenda pekerjaan yang lain ?

diusia ini anda sudah harus tahu arti kebahagiaan hidup yang sesungguhnya, dan seyogyanya tidak melihat kesuksesan hidup hanya dari sudut pandang finansial. Apa artinya anda sukses namun anak anda terlantar ? apa artinya anda kaya namun anak anda tumbuh menjadi seorang yang maaf dengan orang lain dicap sebagai “berandalan” ?

Antara usia 40 sampai 50 tahun, Anda harus melakukan semua hal yang benar-benar Anda kuasai.

Jangan pernah berpikir untuk memulai sesuatu yang baru, itu sudah sangat terlambat. Anda bisa saja sukses, tapi tingkat pengorbanannya terlalu tinggi. Jadi, antara usia 40 sampai 50 tahun, Anda harus fokus mengerjakan hal-hal yang memang Anda kuasai.

Tapi, antara usia 50 sampai 60 tahun, bekerjalah untuk anak muda.

Karena anak muda bekerja jauh lebih baik dari Anda. Jadi, andalkan mereka, berinvestasi-lah pada mereka, dan pastikan mereka memang bekerja dengan baik.

Bekerja untuk anak muda juga berarti di usia ini anda harus lebih banyak menginspirasi anak muda, sehingga anda memiliki kader kader terhebat untuk meneruskan perusahaan/bisnis anda, plus ditinjau dari sudut pandang islam, anda telah berinvestasi “ilmu yang bermanfaat”. Pada sia 50-60 Tahun ini, anda harus berpikir,  ketika anda sudah tiada anda ingin dikenal sebagai orang yang seperti apa ? setidaknya berpikirlah untuk meninggalkan nama baik yang akan menjunjung nama anda dan keluarga anda setelah anda tiada nanti.

Ketika Anda sudah di atas usia 60 tahun, nikmati waktu Anda.

Berada di pantai, menikmati sinar matahari, mengahbiskan mayoritas waktu untuk kegiatan sosial, berkumpul ditengah tengah orang orang yang anda cintai.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s