5 Cara Powerful untuk Wujudkan Your Dream Life Part 2

blog2

Dalam tulisan sebelumnya , kita sudah menelisik bagian pertama tentang 5 cara powerful untuk mewujudkan your dream life.

Namun, dua langkah krusial itu perlu segera disertai dengan tiga langkah kunci, yang akan kita bahas dalam sajian renyah pagi ini.

Sebab impian tanpa aksi adalah ilusi. Dan aksi tanpa strategi adalah anarki.

Mari langsung kita jelajahi tiga langkah kunci yang masih perlu dilakoni to realize your dream life.

Dream Step # 3 : Identify Key Success Factors. Setelah impian hidup disusun dengan jelas dan spesifik, dan di-visualisasikan; maka langkah berikutnya adalah melacak key success factors : faktor kunci apa yang menjadi penentu keberhasilan perwujudan dream goals tadi.

Kalau Anda mau jadi manajer senior dengan gaji puluhan juta per bulan, apa critical success factors-nya; kapabilitas apa saja yang perlu dimiliki : apakah interpersonal relationship skills, kompetensi teknis tentang pekerjaan, atau kesanggupan untuk selalu bersikap proaktif dan memiliki positive working attitude? Atau semuanya?

Dan kalau Anda punya mimpi punya olshop dengan omzet ratusan juta per bulan, apa key success factorsnya? Produk yang wow? Lalu dari mana bisa produksi produk yang wow? Kemasan yang menjual? Bagaimana cara bikin kemasan yang menjual? Website dengan trafik tinggi? Lalu apa kunci agar web bisa mendapat kunjungan ribuan vistor per bulan? Lacak semua key success factors ini.

Melacak key success factors juga butuh nyali dan resourcefulness. Lacak via Google. Observasi role models. Amati pola kesuksesan yang ada. Sebab setiap sukses pasti punya pola. (dan setiap kegagalan juga pasti punya pola).

Mengapa harus resourceful? Sebab ada orang yang belum apa-apa sudah terlalu banyak nanya. Malas mencari jawaban secara mandiri. Kan sudah ada Google. Kan di Gramedia ada ribuan buku yang bisa dipelajari. Juga banyak seminar dan workshop yang bisa dihadiri untuk melacak key success factors impianmu.

Be resourceful. Be explorative.

Dream Step #4 : Enhancing Your Capabilities. Jika sudah terlacak key success factors yang yang perlu dimiliki untuk wujudkan your dream goals, lalu ini : apakah kamu punya kapabilitas untuk merealisasikan key success factors itu?

Maka disini segera perlu dipetakan “capabilities enhancement roadmap” : apa saja yang perlu dipelajari dan dilakukan untuk bisa wujudkan key success factors.

Jika mimpi anda adalah untuk menjadi seorang manager, untuk menjadi HRD Manager dengan gaji 35 juta; key success factorsnya adalah keahlian teknis yang dahsyat tentang human capital strategy – apakah Anda sudah merasa menguasainya? Jika belum, dimana belajarnya?

Demikian pula. Jika salah satu penentu sukses bisnis online adalah jualan produk yang unik; apakah Anda punya kapabilitas untuk memproduksinya? Kalau belum, dimana proses belajarnya; sehingga Anda benar-benar bisa menguasainya.

Empowering Your Capabilities. Ini benar-benar langkah kunci untuk wujudkan goals Anda.

Again disini amat diperlukan learning spirit yang terus menyala. Learning by doing. Namun proses belajar ini menjadi lebih fokus karena Anda sudah tahu tujuan besar Anda. Anda sudah paham your dream goals dan key success factors-nya.

Sejumlah orang acap menghabiskan waktu dengan sia-sia sebab mereka tak tahu harus berbuat apa. Tak paham impiannya yang konkrit. Dan tak paham pula apa key success factors-nya. Maka hidupnya stagnan.

Kalau Anda sudah paham benar apa impian hidupmu; dan apa key success factors-nya – maka Anda benar-benar bisa FOKUS mencurahkan segenap energi dan waktu Anda untuk belajar di arena itu.

Dan bukan hanya buang-buang waktu main FB atau chat di grup BBM/WA, yang dampaknya kurang greget.

Dream Step # 5 : Build and Execute Your Action Plan. Ini adalah langkah terakhir, dan juga jadi penentu.

Dalam langkah ini, Anda mencoba memetakan langkah-langkah konkrit apa yang perlu direalisasikan agar perlahan namun pasti, Anda bisa makin dekat dengan impianmu.

Dalam action plan itu, Anda mungkin bisa merumuskan bulan 1 mau melakukan apa, dan hasil apa yang diharapkan. Lalu di bulan 2, mau ngapain lagi, bulan 3 apa lagi, dst. Semua mesti disertai dengan expected results yang Anda inginkan.

Jika Anda bekerja di kantor, mungkin personal action plan itu bisa dipadukan dengan program kerja bulanan yang biasanya ada dalam setiap departemen atau divisi dalam organisasi. Inisiatif personal apa yang bisa Anda lakukan sehingga bisa direngkuh dua hal : program kerja kantor jalan, dan pada sisi lain personal action plan Anda juga bisa terus melaju.

Be proactive. Ditengah kesibukan kerjaan di kantor, selalu ada celah untuk menjalankan your personal action plan demi perwujudan your dream life.

Your action plan adalah jembatan yang akan benar-benar membuat impianmu punya kaki untuk berpijak di bumi. Dan bukan hanya terus mengawang-awang dalam lamunanmu yang tak kenal henti.

Personal action plan yang sistematis; yang disusun berdasar your life goals – setidaknya bisa berperan menjadi obor dalam perjalananmu mengubah nasib hidup.

Juga jangan terlalu kecewa jika action plan itu meleset. Ya, Anda bisa dimaafkan jika hanya meleset namun tetap punya keteguhan hati untuk menjalankannya.

Teruslah ingat goals dan action plan Anda. Dan teruslah berjuang untuk mewujudkannya ditengah berbagai tantangan dan kesibukan hidup.

– See more at: http://strategimanajemen.net/2015/08/03/5-cara-powerful-untuk-mewujudkan-your-dream-life-bagian-2/#sthash.zClfc9a3.dpuf

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s