Menilik Keunikan Service Improvement D’Cost

D-Cost-Seafood

Kiranya tak banyak restoran seafood yang memperhatikan aspek inovasi melalui program promosi untuk menciptakan keunggulan layanan. D’Cost salah satunya. Restoran milik Christian Sia yang berdiri sedari 2006 berhasil tumbuh pesat dan agresif berkat improvement program promosi yang kreatif unik. Saat ini jumlah gerai yang terdaftar di website mereka hampir 80 buah. Gerai umumnya ada di seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Sebelum menilik keunikan service improvement D’Cost, patut diketahui jika restoran seafood ini juga memiliki keunggulan operasional dalam menjalankan aktivitas bisnis. Salah satunya adalah kecepatan pelayanan. Selain memiliki kapasitas restoran hingga ratusan kursi dengan ruangan sejuk dan nyaman, D’Cost juga mengembangkan pelayanan otomatis menggunakan kemajuan teknologi komputer.

Awalnya restoran mencatat pesanan makanan pada PDA (personal data assistant). Namun selanjutnya proses operasional berganti, pencatatan pesanan dilakukan dengan komputer tablet. Proses otomatis cukup sederhana, saat pelayan mencatat maka saat itu juga data pesanan terbaca di dapur. Bahkan proses pencatatan pesanan tersebut kini dipercepat melalui kartu-kartu menu yang bisa diakses pelanggan secara langsung.

Setiap kartu menu memiliki barcode spesifik, sehingga memudahkan petugas di konter menandai menu yang dipilih pelanggan sebagai daftar pesanan yang langsung diproses di dapur.

Keunggulan operasional D’Cost menopang konsep-konsep improvement yang berbentuk promosi kreatif, unik. Promosi umumnya terkait potongan harga. Namun bukan sekadar diskon sebagai value yang ditonjolkan, namun terdapat aspek engagement yang secara jeli berhasil dibidik Manajemen D’Cost untuk mempertahankan keunggulan dalam setiap pelayanan.

  1. Promosi diskon umur, diberikan kepada pelanggan berdasarkan umur yang tertera di KTP. Pada periode promosi banyak lansia yang dibawa keluarganya makan di D’Cost demi mendapatkan diskon besar. Semakin berumur, semakin besar diskonnya. Menarik kan?
  2. Promosi diskon gerombolan, diberikan kepada pengunjung paling sedikit dua orang, paling banyak 30. Wow!
  3. Promosi up to you price, pelanggan boleh makan sepuasnya dan bayar sesukan hati. Program biasanya berlaku di gerai baru D’Cost. Umumnya berhasil membuat geger, karena membuat bingung pelanggan dengan pelayanan “nyeleneh”. Misalnya pelanggan hanya membayar Rp 1, untuk berbagai menu menggunakan kartu kredit. Sungguh unik!
  4. Promosi hamil baru bayar, berlaku bagi pengantin yang terbatas anggaran pernikahannya. Mereka boleh memesan paket pernikahan untuk 300 undangan dengan pembayaran saat sudah hamil. Mantab!
  5. Promosi menu untuk fans, berlaku bagi pelanggan yang sudah mengikuti facebook page D’Cost. Pelanggan bisa mendaftar dan memesan di gerai D’Cost tertentu dengan diskon spesial.
  6. Promosi bayar uang dan doa, merupakan program yang diselenggarakan untuk memperingati hari besar keagamaan di Indonesia. Untuk mengikuti promosi ini pelanggan cukup menuliskan doa apa saja di formulir yang tersedia, dan setelah itu dapat membayar makanan dengan uang dan doa.

Sumber : shiftindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s