2017 : saatnya menyiapkan mindset eksekusi 2x lebih cepat

mindset-positif

Akhir Tahun seringkali menjadi waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi atas ketercapaian target dan resolusi yang telah dibuat. Demikian juga akhir 2016 adalah saat yang tepat untuk mengevaluasi capaian atas target yang telah dilaksanakan sepanjang Tahun 2016, dan untuk selanjutnya menjadi bahan renungan bagi individu maupun organisasi untuk menetapkan tujuan, target dan strategi di Tahun 2017 mendatang.

Percayakah bahwa tujuan apapun yang ingin Anda raih bisa diselesaikan dalam kurun waktu setengah dari yang Anda harapkan? Ya, Anda bisa mencapai tujuan tersebut 2x lebih cepat jika mindset/pikiran Anda sendiri menginginkannya. Pertanyaannya adalah seberapa ingin Anda mencapai tujuan tersebut?

Banyak orang hanya semangat dipermulaan namun lemah diperjalanan, mereka tidak konsisten dan motivasi itu hilang saat dilanda rasa putus asa. Most people start strong and finish weak.

Bukannya mempercepat pencapaian tujuan, mereka malah memperlambatnya, akhirnya begitu mereka memulai tujuan yang baru mereka akan menundanya kembali.

Apakah Anda orang yang termasuk seperti itu? Hanya semangat diawal, putus asa diperjalanan, dan menyerah pada akhirnya.

Jika iya maka belajarlah beradaptasi dengan mindset-mindset achiever berikut ini:

– Lingkungan

Faktor terpenting nomor satu untuk mengubah kebiasaan dan penundaan Anda adalah lingkungan. Pengaruh lingkungan adalah faktor yang paling mempengaruhi kualitas hidup Anda secara langsung. Anda adalah hasil bentukan dari lingkungan yang Anda pilih.

Sebagai manusia kita memiliki kesempatan untuk memilih lingkungan kita sendiri, lingkungan disini bukan hanya sekedar tempat tinggal/keluarga, tetapi juga teman bergaul, bahan tontonan, konten internet yang kita konsumsi, dan juga kepada siapa kita ingin bekerja.

Seseorang dapat dinilai dari siapa 5 teman terdekatnya, apa saja konten yang suka dia konsumsi, apa yang sehari-hari dilakukan, dan masalah apa yang dia pedulikan. Anda memiliki kesempatan untuk memilih itu semua.

Pilih lingkungan yang membawa Anda lebih dekat kepada tujuan Anda. Sistem dan lingkungan adalah faktor paling berpengaruh terhadap pencapaian tujuan Anda, lingkungan yang salah akan memperlambat pencapaian tujuan Anda bahkan menghancurkannya, karena itu pilihlah dengan bijak.

– Adaptasi

Hebatnya manusia adalah tidak peduli seberapa sulit dan mustahil sebuah keadaan, mereka dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri.

Saat mengincar sebuah tujuan kita cenderung memilih sesuatu yang “kita rasa” masih bisa dicapai, sesuatu yang tidak ada diluar jangkauan dan zona nyaman kita. Masalahnya adalah seberapa besar zona nyaman Anda?

Seberapa penting seseorang dapat dinilai dari seberapa besar masalah yang ingin mereka hadapi. Jangan menghindari masalah, targetkan tujuan yang lebih besar lagi, tujuan yang tidak berada diluar zona nyaman bukanlah tujuan yang berarti. Carilah masalah yang lebih besar dan tujuan yang lebih menantang.

Sekarang Anda memang merasa tidak nyaman/terbiasa tetapi ingat sifat alami manusia adalah beradaptasi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memulainya dari mindset positif terlebih dahulu. Selalu pilih tujuan yang besar dan selanjutnya mulai beradaptasi.

Lucunya adalah jika seseorang memikirkan sebuah tujuan, mereka akan memilih tujuan berdasarkan tindakan-tindakan yang “mau” mereka ambil. Artinya mereka memilih tujuan hidup berdasarkan kenyamanannya sendiri. Kalau kenyamanannya adalah sibuk belajar dan bekerja tentu sangat bagus, namun kenyataannya tidak banyak orang yang nyaman dengan hal-hal seperti itu.

Cara terbaik mencapai sebuah tujuan adalah mulai dari hasil yang ingin Anda raih. Mulai dengan tujuan/hasil yang besar dan darisitu Anda bisa menentukan tindakan atau langkah-langkah realistis yang bisa membawa Anda kesana terlepas dari entah itu nyaman atau tidak (ingat kenyamanan hanya masalah adaptasi).

Anda ingin menghasilkan 100 juta/bulan? Coba pikirkan dikepala Anda apa yang bisa betul-betul membuat Anda mendapatkannya. Berbisniskah? Berinvestasikah? Jika sudah ketemu tujuan tersebut mulailah bertindak, jangan terlalu lama berpikir karena disinilah kebanyakan orang gagal yaitu kebanyakan mikir dan akhirnya malah tidak bertindak.

Mungkin saja Anda gagal dan cuma berhasil mendapatkan penghasilan 30 juta/bulan, cukup bagus bukan? Atau bisa saja Anda malah gagal total dan tidak menghasilkan apa-apa, namun masih lebih baik daripada tidak melakukan apapun bukan?

Berpikirlah bagaimana cara logis untuk mencapainya. Ingat bahwa masalah itu hanyalah pertanyaan yang belum dijawab. Uniknya adalah jika kita lihat bagaimana orang-orang di forum menjawab pertanyaan, mereka sangat pintar dalam memberikan solusi, “tinggal beginilah, tinggal begitulah”, artinya sebenarnya rata-rata dari kita sudah menemukan jawabannya dan tahu apa langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Sayapun yakin Anda sudah tahu apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan-tujuan Anda.

Tinggal masalah eksekusinya saja yang selalu berantakan dan kurang konsisten. “Mengkhayal seperti itu mungkin gampang, tapi prakteknya kan sulit.”, ya betul karena itu kita akan menggunakan metode yang berikutnya yaitu …

– Paksa diri Anda (force)

Bagaimana kita bisa mencapai tujuan yang ada menjadi 2x lebih cepat? Jawabannya adalah dengan memaksa. Memaksa disini bukan berati negatif memaksakan diri sampai sekarat, melainkan memaksa diri supaya tidak menunda dan mempercepat pencapaian tujuan Anda semaksimal mungkin (push to the limit).

Ingatlah ini: Semakin lama Anda mengeset pencapaian sebuah tujuan maka semakin tidak efisien Anda menggunakan waktu yang ada dan semakin kecil kemungkinan tujuan itu akan tercapai.

Katakan Anda ingin sukses 10 tahun mendatang, percaya atau tidak Anda akan menyia-nyiakan 8 tahun pertama Anda secara gamblang (tanpa arah yang jelas) dan baru mulai serius dengan resolusi Anda di sisa 2 tahun terakhir.

Ada bagusnya saat di sekolah/kuliah dulu terdapat deadline, hal ini memaksa kita untuk fokus pada sebuah tujuan. Deadline akan memaksa Anda menjadi lebih fokus dan termotivasi, terlebih jika ada tujuan yang berarti dibalik usaha tersebut.

Apa hal-hal yang ingin Anda capai dalam 2-3 tahun mendatang? Persingkat waktunya menjadi 2-3x lebih cepat. Putuskan pencapaiannya menjadi 1 tahun dan pikirkan dari sekarang langkah-langkah realistis untuk mencapainya.

Mulai dari sekarang segera ubah kebiasaan (habit) Anda, mulailah terbiasa dengan memaksa (ingat Anda akan beradaptasi dengan hal ini nantinya), dan hal yang harus Anda paksa pertama kali adalah menghancurkan kebiasaan menunda yang ada.

Dalam menghentikan kebiasaan menunda ada istilah “first thing first”. Artinya Anda justru harus melakukan hal-hal yang selalu Anda tunda pertama kali.

Cobalah tanya apa yang seharusnya Anda lakukan dan tidak Anda tunda-tunda lagi? Kemungkinan besar hal itu adalah sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman, catatlah (catat didinding/dimanapun yang bisa selalu Anda lihat), ingat baik-baik, selalu paksa untuk melakukannya pertama kali dan kesampingkan semua hal lainnya.

Daripada terus menghindar jauh lebih baik menghadapinya langsung, jangan pernah menunggu mood/semangat karena Anda pasti akan gagal, paksalah dan terima ketidaknyamanan itu dengan mulai beradaptasi.

Jika Anda merasa kesulitan, paksalah dengan metode lain, misal dengan membuat peraturan sebelum pekerjaan ini selesai maka saya tidak boleh bermain/menggunakan internet (buatlah sebuah sistem untuk betul-betul mendukung hal itu).

– Konsisten

Ditengah perjalanan mencapai tujuan ingatlah untuk selalu menjadi lebih cepat, bukan malah loyo dan kehilangan semangat. Banyak orang yang dalam pencapaian mimpinya malah semakin lambat ditengah-tengah dan yang paling buruk menyerah pada akhirnya.

Justru disaat seperti itu Anda harus semakin cepat (speed up) dan terus memaksa (push harder) menjadi lebih cepat lagi.

Bagaimana caranya supaya terus termotivasi ditengah perjalanan?

Itulah sebabnya kita memiliki kemampuan beradaptasi. Biasakan diri Anda, cintai prosesnya dan nikmati hasil-hasil kecil yang sudah Anda dapat dari perjalanan tersebut. Jika Anda terus berusaha maka Anda akan sadar bahwa Anda menjadi lebih baik. Hasil-hasil kecil tersebut sudah cukup bukan untuk membuat Anda terus maju dan termotivasi?

Contoh saya sendiri awalnya tidak suka ngeblog/menulis, tapi karena belajar banyak hal mulai dari psikologi, bisnis, dan marketing membuat saya berpikir walaupun nantinya tidak menghasilkan apapun, saya tetap mendapat pengalaman (experience) yang sangat berharga.

Dan buktinya saya sudah mendapat projek untuk mengerjakan SEO website beberapa klien, membantu marketing Fanpage berbagai bisnis, dan lain-lain. Sesuatu yang betul-betul tidak mungkin bisa saya dapatkan kalau saya tidak terus belajar dan menulis (ngeblog).



Pada akhirnya pencapaian sebuah tujuan hanyalah masalah cara berpikir (mindset) dan kebiasaan (habit).

Mulailah dengan tujuan yang lebih besar dan masalah yang lebih penting, darisitu urutkan langkah-langkah logis untuk menggapainya.

Tetapkan waktu yang jelas, buat estimasi pencapaian menjadi lebih cepat (potong menjadi setengahnya), dan biasakan diri Anda (adaptasi) untuk memaksa lebih jauh lagi, push forward and push harder to the limit.

Jangan lupa untuk terus konsisten berjuang, nikmati proses dan hasil-hasil kecil yang sudah Anda dapat, dan terakhir syukuri semua yang sudah terjadi karena itulah yang bisa membuat Anda terus termotivasi.

 

Selamat menyongsong Tahun 2017.

#SuccessBeyondYourself

 

sumber : solusik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s