4 Kanal untuk Memperkuat Brand pada Konsumen Milenial

consumer4

Sumber gambar : http://www.behavioralhealthnetworkresources.com

Hasil studi “Tetra Pak Index 2017” tentang Connected Consumer baru saja dirilis pada September ini. Hasilnya, 40% masyarakat Indonesia adalah pengguna aktif social media. Sementara itu, pengguna internet di Indonesia didominasi oleh generasi millennial dan generasi Z. Mereka dikenal sebagai generasi yang lahir di era digital dan smartphone sekaligus belanja online sudah menjadi bagian dari keseharian mereka.

Data tersebut menjadi salah satu indikasi sekaligus “Warning” bahwa pemilik sekaligus pengelola merek saat ini menghadapi situasi yang lebih menantang dan kompleks. Oleh karena itu, penting bagi pemilik merek untuk memikirkan strategi yang tepat dalam mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Termasuk, mengambil langkah perubahan dan mengembangkan strategi guna menjangkau konsumen yang saling terhubung secara digital tersebut.

Merek yang ingin terlibat dengan konsumen Generasi milenial ini perlu memahami hal apa yang mampu mendorong mereka untuk membeli. Termasuk, bagaimana menciptakan pengalaman menarik yang bisa dirasakan oleh konsumen yang selalu terhubung, baik secara online maupun offline.

Hasil riset ini juga menunjukkan bagaimana perjalanan konsumen mengalami perubahan sebelum mereka memutuskan melakukan pembelian. Menurut statistik dari Econsultancy , 61% dari pelanggan membaca ulasan online sebelum membuat keputusan pembelian. Dan 63% dari pelanggan lebih mungkin untuk melakukan pembelian dari website yang memiliki ulasan pengguna. Setidaknya ada empat sumber informasi yang dijadikan rujukan bagi konsumen milenial yakni social media, user generated content, super leader, dan packaging atau kemasan. Untuk itu, penting bagi para pemasar untuk mempertimbangkan empat hal agar brand mereka menjadi pemenang di hati consumer Milenial ini. Ke ampat hal tersebut adalah :

#1 Social Media. Saat ini sosial media memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan bisnis, khususnya bisnis berbasis online di Indonesia. Cukup dimaklumi, mengingat pengguna sosial media di Indonesia tercatat terus bertumbuh, jumlahnya sangat tinggi, dan terhitung aktif.

Dibandingkan dengan tahun lalu, menurut temuan “Tetra Pak Index 2017”, pertumbuhan penguna internet di Indonesia mencapai 51% atau sekitar 45 juta pengguna. Kemudian, diikuti dengan pertumbuhan sebesar 34% pengguna aktif di sosial media. Sementara itu, konsumen yang mengakses social media melalui mobile juga meningkat sebesar 39%.

#2 User Generated Content (UGC) adalah konten yang dibuat atau dihasilkan oleh audiens (baik itu customer ataupun bukan) dari sebuah brand itu sendiri. Bentuk bentuk UGC diantaranya bisa berupa testimonial, foto, posting blog, tweet, dan video.

#3 Super Leader adalah istilah yang diberikan terhadap influencer masa kini dengan engagement tinggi, juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penetrasi brand di pasar.

Super Leader merupakan konsumen terhubung yang paling aktif dan berpengaruh secara global karena jumlah followernya yang tergolong besar. Super Leader biasanya adalah pengadopsi paling awal, influencer, dan juga sekaligus sebagai trendsetter.

Super Leader biasanya akan melakukan posting komen dan gambar/foto, dengan tujuan untuk menceritakan pengalaman mereka. Konsumen yang terhubung biasanya akan lebih mempercayai mereka dibandingkan dengan konten marketing yang dibuat oleh perusahaan atau pemilik brand, khususnya menyangkut hal-hal terbaru dan menarik untuk dicoba atau dirasakan.

#4 Kemasan Selain itu, hasil temuan Tetra Pak Index 2017 menunjukkan bahwa kemasan memiliki peran penting untuk menjadi pintu gerbang bagi keterlibatan konsumen yang lebih luas. Sebagai contoh, kode digital yang dicetak pada kemasan dapat meningkatkan transparansi penelusuran suatu produk, yang memungkinkan konsumen untuk mengakses informasi tentang produk hingga ke sumbernya.

Sejatinya, kemasan dapat diubah menjadi platform informasi dua arah, di mana brand dapat menangkap data spesifik dan berharga tentang konsumen mereka. Termasuk, berbagi informasi lebih banyak tentang produk itu sendiri.

 

Sumber :

mix.co.id

digitalmarketer.id

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s