5 Kota Paling Aktif Melahap Bisnis Online di Indonesia, Mana Saja ?

detalase

Jumlah online shopper di Indonesia terus meningkat selama 3 tahun terakhir. Di tahun 2018 jumlah online shopper diperkirakan mencapai 11.9 persen dari jumlah populasi di Indonesia.

Menurut Olivia Adinda Putri, PR & Communications Manager CupoNation, pada 2017 dan 2018, pendapatan pasar ecommerce terbesar di kontribusikan oleh fashion, toy hobby & DIY, dan Furniture Appliances. Perkembangan bisnis ecommerce di Indonesia terbilang bagus, dimana, tercatat jumlah online shopper terus meningkat selama 3 tahun terakhir.

Portal diskon tanah air CupoNation menganalisa tentang beberapa perkembangan ecommerce di indonesia dan sektor apa saja yang paling banyak memberikan kontribusi pada total pendapatan pasar ecommerce Indonesia di tahun 2017 dan 2018.

Dari persentase yang didapat dengan membagikan jumlah populasi dan jumlah online shopper di Indonesia dari tahun 2016-2018, maka diketahui jumlah online shopper terus mengalami peningkatan selama 3 tahun berturut-turut.

Dimana pada tahun 2016, jumlah pembeli online mencapai 9.6% dari jumlah populasi dan mengalami peningkatan hingga 10.7% di tahun 2017. Di tahun 2018, angka persentase kembali meningkat dan diperkirakan akan mencapai 11.9% dari jumlah populasi di Indonesia.

Jika dilihat dari data statistik ada 5 sektor yang memberikan kontribusi paling besar pada jumlah pendapatan pasar ecommerce di Indonesia setiap tahunnya. Dimana, selama 2 tahun berturut-turut yaitu 2017 -2018 jumlah pendapatan pasar ecommerce terbesar di kontribusikan oleh Fashion, Toy Hobby & DIY, dan Furniture Appliances;

Meskipun pendapatan pasar ecommerce di Indonesia terlihat stabil di 3 tahun terakhir dengan total pendapatan mencapai US$6,1 Miliar (2016), US$7,5 Miliar (2017) dan US$ 9,1 Miliar (2018). Namun persentase pertumbuhan mengalami sedikit penurunan pada tahun 2018 hingga 1.3% jika dibandingkan dengan tahun 2017. Penurunan ini disebabkan oleh sektor Toys, Hobby & DIY.

Meskipun jumlah pendapatan untuk sektor Toys, Hobby & DIY berkembang sampai dengan US$445 Juta, namun laju pertumbuhan untuk kategori ini mengalami penurunan yang signifikan hingga 4.61% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Diantara kategori yang mengalami penurunan seperti Fashion (0.75%), dan Food & Personnal Care (0.70%). Masih ada beberapa kategori yang memiliki potensi untuk berkembang seperti Electronics & Media dengan laju pertumbuhan 0.14% dan Furniture & Appliances dengan pertumbuhan yang stabil (0.01%) selama dua tahun terakhir.

Berdasarkan jumlah populasi di setiap kota Indonesia yang diperoleh dari Indexmundi, maka diperoleh 5 daerah di Indonesia dengan populasi terbanyak dan pebelanja online teraktif yang jika diurutkan adalah:

1. DKI Jakarta (4%)
2, Surabaya (1.1%)
3. Medan (1%)
4. Bandung (0.9%)
5. Semarang (0.6%)

5 daerah yang paling banyak memberikan kontribusi pada jumlah pendapatan pasar ecommerce di Indonesia adalah DKI Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, dan Semarang.

Selain itu dari hasil laporan priceza sebuah yang juga pelaku marketplace di Indonesia menunjukkan catatan menarik terkait bisnis online di Indonesia yakni :

Selama 3 tahun berturut-turut, komposisi nama kota yang menjadi sumber utama kunjungan tidak berubah sama sekali. Mereka adalah Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, dan Makassar.

Komposisi ini pun menduduki peringkat yang nyaris selalu konsisten sesuai urutan tersebut. Ada sedikit pengecualian di tahun 2016, Ketika Bandung berhasil menggeser Medan di peringkat ketiga, namun dengan selisih yang begitu tipis.

Terakhir, menarik untuk dicermati bahwa urutan kota-kota ini pun mencerminkan peringkat dalam hal populasi. Inilah lima kota terbesar di Indonesia dalam hal populasi, yang juga seragam dengan urutannya dalam hal kota dengan pembelanja online terbanyak.

Sebagai tambahan, menarik untuk dicermati bahwa ada tren kenaikan dari kelima kota tersebut dari tahun ke tahun. Di 2015, kota-kota tersebut berkontribusi tidak sampai 50% dari total kunjungan. Sedangkan di tahun 2017 kondisinya berubah drastis, di mana 80% lebih kunjungan berasal dari kota terbesar di Indonesia.

Diolah dari sumber :

Toppreneur.id; tribunbanjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s